Uraian Pekerjaan Di Kapal Pesiar

Ini Adalah Daftar Semua Jenis Pekerjaan Lengkap Dengan Uraian Di Perusahaan Kapal Pesiar.

Uraian Pekerjaan Di Kapal Pesiar
Uraian Pekerjaan Di Kapal Pesiar

Di daftar ini, Anda bisa mendapat gambaran pekerjaan di kapal pesiar secara umum di dunia. Tolong ingat bahwa, biasanya, orang Indonesia dipekerjakan untuk posisi awal yang sederhana atau rendah.


pekerjaan Pada Setiap Departmen:

Di daftar ini, Anda bisa mendapat gambaran pekerjaan di kapal pesiar secara umum di dunia.

Uraian Tugas: Kebersihan

Tukang AntarTukang antar bertanggung jawab sebagai pelayan atas pengiriman pesan, layanan kamar, dan pengangkutan koper penumpang.
CleanerBertanggungjawab membersihkan area umum. Posisi ini tidak memerlukan pengalaman kerja.
Pencuci PiringMencuci dan menyusun piring. Tidak ada pengalaman kerja yang dibutuhkan.
Penjaga Kolam RenangMenjaga keamanan kolam renang yang digunakan oleh tamu di kapal pesiar.

Uraian Tugas: Binatu

Staf BinatuStaf binatu mengumpulkan semua pakaian yang akan dicuci. Selain itu, staf binatu bertugas untuk mencuci dan mencuci kering. Staf binatu bertanggung jawab atas peralatan dan persediaan ruang binatu.
Asisten Pengawas LaundryMengatur jalannya operasional harian bagian laundry. Menentukan jadwal dan mengawasi kinerja karyawan bagian laundry.
Pengawas LaundryMengawasi pekerjaan dari staf laundry serta mengontrol operasional departemen laundry.

Uraian Tugas: Restaurant

Bell BoyBertanggungjawab dalam pekerjaan room service. Untuk posisi ini tidak dibutuhkan pengalaman kerja.
Bell CaptainMengatur jadwal dan mengawasi keryawan.
BusboyBertugas membersihkan meja . Untuk posisi ini tidak diperlukan pengalaman kerja.
Pelayan PrasmananPelayan prasmanan adalah pelayan makanan di prasmanan perusahaan kapal pesiar. Pelayan prasmanan menata prasmanan membersihkan meja, mengisi ulang prasmanan dengan makanan atau minuman ketika dibutuhkan.
Pelayan Minuman AnggurOrang dengan jabatan ini
Asisten PelayanAsisten pelayan dalam penyajian makanan, pembersihan meja, dan pengantaran makanan serta minuman.
Kepala Bagian Makanan-MinumanDia menyediakan dan membuat masakan dan saus. Dia juga mengatur tampilan makanan di prasmanan dan di restoran. Dia harus berpengetahuan luas dalam masakan mancanegara. dan mampu menciptakan masakan baru agar sesuai dengan tema masakan saat itu atau agar hal lain. Dia juga harus mengerti semua pekerjaan koki di kapal pesiar.
Kepala Pelayan Ruang MakanJabatan ini adalah jabatan manajerial yang membantu Manajer Ruang Makan dalam mengawasi kru pelayan. Selain itu, kepala pelayan bertanggung jawab atas area yang cukup luas dari ruang makan dan atas pesta-pesta besar atau pribadi.
Manajer Ruang MakanManajer ruang makan mengontrol semua staf yang bertugas di ruang makan dan bertanggung jawab atas keberlangsungan ruang makan.
Manajer Makanan-MinumanManajer makanan-minuman bertanggung jawab atas manajemen semua wilayah kapal pesiar yang menyediakan makanan dan minuman. Selain itu, orang ini menghitung biaya pengeluaran untuk makanan dan hal lain yang berhubungan. Kualitas umum makanan dan minuman yang disajikan di kapal pesiar berada dalam kendali manajer makanan-minuman. Orang ini juga bertanggung jawab atas pemesanan makanan dalam jumlah besar.
Kepala RestoranKepala restoran adalah jabatan yang melingkupi dirinya dan staf restoran yang dia awasi demi standar pelayanan yang berkualitas tinggi. Hampir semua kepala restoran sangat bangga atas pekerjaan mereka dan berjuang untuk menyediakan pengalaman makan terbaik kepada pelanggan. Kepala restoran melatih staf untuk melayani dengan standar tinggi. Kepala restoran melapor kepada Manajer Makanan-Minuman.
Manajer HotelManajer Hotel mengawasi keberlangsungan hotel selama pelayaran. Kontak langsung dengan penumpang membutuhkan sikap yang ramah dan sopan. Manajer hotel memastikan penerapan standar tinggi kepada penumpang menggambarkan pelayanan dan profesionalisme perusahaan. Manajer hotel melatih dan mengatur staf hotel. Selain itu, manajer hotel mengontrol alur fiskal yang terkait dengan pengoperasian hotel dan melaporkan semua masalah terkait keberlangsungan hotel kepada nahkoda.
Host / HostessMenyapa tamu, mengambil pesanan makanan, meneruskan pemesanan makanan, serta memproses pembayaran.
Kepala PelayanMengawasi waiter dan waitress serta mengawasi operasional ruang makan.
Kepala Pelayan RuanganBertanggungjawab dalam mengawasi pelayan kabin sesuai arahan dari pengawas lantai.
Manajer Ruang MakanMengawasi departemen makanan dan minuman termasuk menetapkan tugas kerja dan melaksanakan prosedur kerja dan pelatihan.
Asisten Manajer Makanan Dan MinumanSecara umum mengawasi operasional keseluruhan dari departemen makanan dan minuman kapal pesiar. Bertanggungjawab tidak hanya pada restoran saja, tapi juga lounge dan fasilitas banquet.
Manajer RestoranBertanggungjawab langsung kepada general manager dan mengontrol operasional restoran.
Manajer Makanan Dan MinumanMemastikan bahwa standar makanan dan minuman telah sesuai dengan SOP. Memonitor pembiayaan makanan dan minuman.

Uraian Tugas: Bar

Pelayan BarPelayan bar mengantarkan minuman beralkohol di bar dan di area bersantai selama pelayaran.
Asisten BartenderAsisten bartender membantu bartender dan bertanggung jawab atas kebersihan bar dan penyediaan barang-barang.
BartenderBartender wajib berpengetahuan dalam seni pembuatan minuman. Selain itu, selama pembuatan minuman, orang-orang berpikiran bahwa keberadaan bartender adalah untuk mendengar permintaan penumpang. Oleh karena itu, bartender juga wajib untuk memiliki kemampuan sosial yang bagus untuk berbicara dengan penumpang. Bartender juga mengelola persediaan minuman keras dan menjaga bar serta area bersantai.
Pengawas BarMembantu manajer bar dalam hal penjadwalan karyawan dan operasional harian.
Manajer BarKebanyakan penumpang mencari minuman beralkohol selama pelayaran. Manajer bar memastikan orang-orang yang dia pekerjakan berpengetahuan dalam seni pembuatan minuman. Selain itu, manajer bar memastikan keberlangsungan bar, termasuk penghitungan biaya dan pendapatan.

Uraian Tugas: Rumah Tangga

Asisten Pelayan KabinTugas asisten pelayan kabin di kapal pesiar yaitu membersihkan area umum dan kabin tamu, menangani permintaan laundry dari tamu sesuai arahan dari Steward. Untuk posisi ini, tidak dituntut untuk mempuyai pengalaman kerja.
Pelayan KabinPelayan kabin bertanggung jawab atas kebersihan dan pemeliharaan sejumlah kabin penumpang. Pelayan kabin mengganti seprai, merapikan kasur, membersihkan kamar mandi, membersihkan jendela, membersihkan lantai, dan lainnya. Selain itu, pelayan kabin mungkin ditugaskan untuk juga membersihkan area umum.
Asisten Kepala HousekeeperBertanggungjawab dalam manajerial karyawan bagian housekeeping dan bertugas mengawasi jalannya operasional housekeeping. Membuat laporan ke kepala housekeeper
Kepala Pelayan KabinKepala pelayan kabin bekerja sama secara langsung dengan kepala pelayan atau kebersihan. Kepala pelayan kabin mengawasi dan menilai kinerja para pelayan kabin dalam kabin-kabin penumpang dan area umum yang sudah ditentukan.
Kepala Pelayan KebersihanKepala Pelayan Kebersihan mengawasi staf kebersihan dan mengontrol kualitas kebersihan yang ada selama pelayaran. Selain itu, dia juga mengatur dan menghitung biaya pembelian dan perawatan alat-alat yang digunakan. Layanan kamar, layanan kabin, dan layanan antar berada dalam pengawasan kepala pelayan kebersihan. Kepala pelayan kebersihan melapor kepada Manajer Hotel.
Floor SupervisorBertanggung jawab untuk mengawasi pelayan kabin dan memastikan kebersihan kabin.

Uraian Tugas: Dapur

Juru Masak UmumJuru masak umum menangani penyiapan makanan dan bertanggung jawab atas masakan sesuai dengan yang disuruh pengawas jabatan ini.
Koki BawahanKoki bawahan bekerja sangat dekat dengan kepala koki. Koki bawahan bertanggung jawab untuk menjaga kualitas makanan yang disajikan. Koki bawahan juga bertugas untuk menyiapkan makanan dan untuk memasak sesuai arahan kepala koki.
Koki KueKoki kue menyiapkan dan membuat kue-kue dan makanan pencuci mulut selama pelayaran. Koki kue mungkin memiliki atau tidak memiliki staf. Kalau koki kue memiliki staf, dia bertanggung jawab untuk mengawasi stafnya. Selain itu, koki kue
Tukang DagingTukang daging bertanggung jawab atas daging selama pelayaran, termasuk memastikan kualitas dan pelaksanaan kode etik kebersihaan.
Koki Eksekutif atau Kepala KokiKepala koki adalah orang pertama yang dituju untuk hal-hal mengenai makanan. Kepala koki bertanggung jawab atas semua hal terkait berjalannya layanan makanan yang termasuk tanggung jawab administrasi. Kepala koki mengawasi semua staf dapur dan memastikan bahwa pembuatan makanan dan kberlangsungan dapur sesuai dengan peraturan dari Pusat Kendali Penyakit. Kepala koki juga berfungsi sebagai pengontrol kualitas semua makanan yang berasal dari dapur.
Juru PanggangJuru Panggang membantu penyiapan dan pemanggangan semua masakan yang harus dipanggang di bawah pengawasan langsung Pengawas Bidang Roti dan Kue. Juru panggang melaksanakan tugas yang diperintah oleh pengawas.
Chef KepalaBertanggungjawab terhadap semua operasional yang berhubungan dengan dapur. Harus memiliki pengalaman yang sesuai.
Asisten Chef KepalaBertanggungjawab terhadap keseluruhan operasional dapur. Membuat dan memperbaharui menu untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian, mengembangkan dan menguji resep-resep baru, memonitor kepuasan dari tamu, melakukan kontrol terhadap persediaan bahan baku di dapur serta memastikan bahwa semua bahan baku dan fasilitas dapur sudah sesuai dengan ketentuan internasional.
Asisten Chef PastryBertanggungjawab langsung kepada Chef kepala bagian pastry. Untuk posisi ini, pengalaman kerja yang dibutuhkan adalah minimal 3 tahun di bidang yang sesuai.
Chef PastryMemiliki pendidikan dalam bidang kuliner serta berpengalaman minimal 5 tahun di bidang yang sesuai.

Uraian Tugas: Hiburan

KomedianTampil dalam acara hiburan di kapal pesiar. Biasanya posisi ini diisi oleh orang yang sudah profesional dalam bidang komedian.
Staff Kapal PesiarMenjalankan aktifitas penumpang, membantu tamu dalam mengurus bagasi dan menyediakan layanan untuk tamu. Tidak ada pengalaman yang dibutuhkan.
Disc JockeyPerusahaan kapal pesiar menyukai disc jockey mereka memiliki dasar musik yang luas untuk menghibur semua generasi penumpang. Pengalaman di bidang perhotelan akan meningkatkan pasaran seorang disc jockey karena keharusan untuk berbicara secara sopan dengan penumpang. Pengalaman terkait pencahayaan dan suara juga merupakan aset besar. Beberapa disc jockey bekerja dekat dengan manajer panggung untuk membantu pengerjaan pertunjukan. Kontrak posisi ini biasanya berlangsung 10 bulan.
FotograferFotografer adalah orang yang selalu siap sedia untuk mengambil foto mengesankan dari penumpang ketika mereka memasuki kapal. Fotografer juga menghadiri pesta dan acara formal. Fotografer memotret perjalanan penumpang. Selain mengambil foto, fotografer menawarkan dan menjual foto kepada penumpang. Semua peralatan foto disediakan perusahaan kapal pesiar.
Instruktur TariInstruktur tari mengajar sejumlah bentuk tari kepada penumpang di kapal dan juga menari dalam pertunjukan kapal. Instruktur tari sering berpasangan. Pasangan instruktur tari mengajar bersama dan bergantian menunjukkan suatu tarian.
Penerima TamuSebagai anggota staf kapal pesiar, penerima tamu berada secara terus-menerus di depan umum dan sering bertugas sebagai juru bicara tentang kapal pesiar. Tugas-tugasnya meliputi menyapa penumpang ketika masuk dan keluar kapal, membantu staf hiburan pantai, memberi perbincangan singkat, mengatur pesta dan makan malam, berakting sebagai pemilik acara, dan mengenalkan nahkoda kepada penumpang. Beberapa kali, penerima tamu bertugas di perpustakaan. Ketika melamar posisi ini, pelamar harus menekankan pengalaman hubungan publik atau pendidikan mengenai hubungan publik. Pribadi yang supel sangat dibutuhkan karena Anda akan sering berhubungan dengan penumpang. Biasanya, kontrak berdurasi enam bulan dan gaji standar. Penerima tamu melapor kepada direktur kapal pesiar atau asistennya.
Port Lecturer / LecturerPosisi ini semakin terkenal. Penumpang suka belajar hal baru terkait dermaga yang akan dikunjungi. Ketika kapal berlayar, pembicara di pelabuhan menjelaskan sejumlah topik, seperti sejarah pelabuhan, arkeologi, sejarah tempat sekitar, kehidupan alam, makhluk hidup laut, psikologi, astronomi, gizi, kesehatan, kesenian, kerajinan, keuangan, fotografi, bisnis, dan banyak hal lain!
Manajer Wisata PantaiPerusahaan kapal pesiar menawarkan dan menjual kepada penumpang tur terpadu dari beberapa tempat yang dikunjungi penumpang. Manajer Wisata Pantai bertanggung jawab untuk mengetahui berapa tur yang akan dilakukan setiap pemberhentian, dan untuk menjual paket wisata pantai kepada penumpang. Manajer wisata pantai juga memastikan bahwa tur yang dijual berjalan dengan baik dan sesuai paket yang ditawarkan. Orang dengan jabatan ini wajib mengawasi staf wisata pantai, menghitung, dan mendokumentasikan tur dan wisata yang terjual. Selain itu, manajer wisata pantai wajib mempresentasikan secara informatif sebelum berhenti beberapa wisata yang ditawarkan
Asisten Manajer Wisata PantaiBertanggungjawab dalam mengorganisir dan mengawasi wisata pantai di pelabuhan tempat kapal pesiar singgah.
Manajer ProduksiIni adalah jabatan dengan kemampuan teknis tinggi. Manajer produksi bertanggung jawab atas semua pengoperasian suara dan pencahayaan untuk pekerja hiburan. Perusahaan kapal pesiar lebih memilih seseorang dengan pengalaman memimpin gabungan kelompok musik dan pengalaman teater profesional. Manajer produksi juga bertanggung jawab untuk mengawasi tim audio visual, memperbaiki dan memelihara peralatan panggung. Manajer produksi melapor kepada direktur kapal pesiar. Manajer produksi, biasanya, lebih banyak kerja pada sore dan malam hari walaupun pada pagi atau siang hari juga sibuk. Kapal pesiar yang lebih baru memiliki alat untuk menggabungkan efek suara tanpa manajer produksi. Perusahaan kapal pesiar menyukai pelamar yang mengenali alat-alat panggung hiburan. Manajer produksi bergaji dan berdurasi kontrak yang bisa ditawar.
Koordinator Audio VisualKoordinator audio visual adalah ahli semua hal terkait suara dan pencahayaan selama pelayaran. Orang ini mengawasi penampilan, pemeliharaan, dan perbaikan semua hal yang membutuhkan peralatan audio termasuk suara untuk penampilan band, presentasi, dan permainan. Selain hal terkait audio, orang ini wajib untuk mengatur mikrofon untuk kegiatan, penampilan, dan ceramah. Koordinator audio visual diminta untuk selalu ada dalam semua latihan dan penampilan terkait. Dia juga melapor kepada direktur kapal pesiar.
Asisten Direktur KapalOrang dengan jabatan ini membantu dalam mengatur dan mengawasi “staf kapal pesiar”. Sama seperti direktur kapal pesiar, asistennya juga selalu dilihat oleh penumpang selama pelayaran. Asisten direktur kapal pesiar membantu dalam hal rutinitas pagi dan malam penumpang. Orang ini mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk berkomunikasi dengan penumpang dan berpartisipasi dalam acara kapal. Kadang-kadang, asisten direktur kapal menjadi pembawa acara atau pertunjukan sore. Orang ini juga membantu pelayan penerima tamu untuk menyapa penumpang ketika memasuki kapal pesiar dan ketika keluar saat akhir perjalanan. Asisten direktur kapal pesiar membantu direkturnya dalam semua tugas.
Direktur Kapal PesiarDirektur Kapal Pesiar bertanggung jawab atas semua hiburan selama pelayaran. Kebanyakan direktur kapal pesiar telah bekerja dari posisi staf dan pernah bekarier di bidang hiburan. Setiap perusahaan kapal pesiar meminta kualitas yang lebih tinggi dan berbeda untuk posisi direktur kapal pesiar. Cara terbaik untuk belajar menjadi direktur kapal pesiar adalah bekerja sebagai asisten direktur kapal pesiar atau anggota staf terlebih dahulu. Biasanya, direktur kapal pesiar adalah penghibur dan menghibur beberapa kali selama perjalanan. Aslinya, direktur kapal pesiar, adalah pemimpin penghibur. Namun, sekarang, posisi ini lebih mengenai administrasi dan pengawasan departemen “staf kapal pesiar” lain. Direktur kapal pesiar adalah orang yang paling sering dilihat penumpang.
Instruktur Selam, Penjaga Kolam, atau Instruktur Olahraga AirBanyak kapal pesiar yang berlayar di sekitar karibia memiliki kegiatan olahraga air dan kursus selam SCUBA selama pelayaran. Instruktur membutuhkan sertifikat sah (PADI, NAUI, SSI), dan sertifikat CPR (pertolongan napas buatan). Instruktur juga diharapkan bisa membangun antusiasme penumpang dalam sebuah program olahraga air. Di beberapa kapal, bahkan tersedia pengarahan berselancar dan peralatannya. Karena hampir semua kapal memiliki kolam renang, pengalaman menjadi pengawas kolam renang sangat menguntungkan. Perusahaan kapal pesiar menyenangi pelamar yang kreatif, percaya diri, dan ahli. Posisi-posisi ini biasanya digaji dan dikontrak di mana saja selama tiga sampai
Pekerja HiburanPerusahaan kapal pesiar mencari ketertarikan umum ketika merekrut untuk jabatan bidang hiburan. Direktur hiburan menerima sampai dua puluh paket media (rekaman materi audisi, foto, dan data diri pelamar) setiap hari. Siapa yang menunjukkan profesionalitas tinggi berkemungkinan terbesar mendapat pekerjaan. Komedian membutuhkan lelucon yang menarik selama tiga menit. Vokalis harus membuktikan kesehariannya dengan bukti partitur orkestra. Terdapat juga banyak pekerjaan untuk musikus di kapal pesiar. Perusahaan kapal pesiar memang menginginkan talenta dan akan menyesuaikan penghibur dan jadwal acara hiburan. Biasanya, perusahaan kapal pesiar memakai jasa pihak ketiga untuk merekrut staf hiburan. Oleh karena itu, lebih baik memulai dengan bantuan agen pihak ketiga (agen pencari pekerja hiburan) kalau Anda benar-benar hanya mencari pekerjaan di departemen hiburan. Beberapa perusahaan kapal pesiar dan perusahaan pencari pekerja hiburan berkeliling dunia untuk mencari bakat-bakat. Jadi, sangat bagus mengecek apakah ada pencarian bakat di sekitar Anda. Pekerja hiburan harus mendokumentasikan aksinya dalam CD atau DVD dan mengirimnya ke direktur hiburan atau pihak ketiga rekanan perusahaan kapal tersebut. Durasi kontrak bervariasi, biasanya selama perjalanan kapal. Mungkin juga kontrak berdurasi berbulan-bulan. Gaji juga bervariasi, tergantung perusahaan kapal pesiar. Dalam sedikit kasus, pekerja hiburan tidak digaji. Sebagai gantinya, pekerja hiburan mendapat kabin mewah.
Pria Pendamping PenumpangDi banyak kapal pesiar, jumlah penumpang perempuan lebih banyak daripada laki-laki, terutama untuk usia tua. Oleh karena itu, beberapa kapal menyediakan pendamping pria yang direkrut untuk menjadi teman dansa dan mengobrol penumpang. Kebanyakan pendamping adalah pensiunan laki-laki yang bekerja untuk mengelilingi dunia secara gratis atau untuk gaji kecil .Pria pendamping harus bisa mempraktikkan semua tarian, tetapi ballroom, swing, waltz, fox trot, dan tarian formal lain lebih disukai. Pria pendamping harus mampu menari selama beberapa jam setiap malam.
PembicaraBiasanya, pembicara bekerja di wilayah Karibia untuk menjelaskan perbelanjaan di sekitar dermaga. Tugas-tugas selain presentasi bervariasi di setiap perusahaan. Untuk posisi ini, dibutuhkan kemampuan berbicara yang tinggi dan pelatihan penjualan. Pembicara di pelabuhan sering mewakili beberapa toko di sekitar pantai. Pembicara membantu penumpang yang berbelanja di toko-toko rekomendasi yang memberi garansi barang. Pembicara harus bersikap antusias dan dapat dipercaya. Pembicara di pelabuhan juga bekerja berdampingan dengan staf pekerja hiburan pantai. Pengetahuan lebih mengenai Karibia sangat membantu. Durasi kontrak bervariasi dan gajinya pun standar dan mungkin ditambah uang tip.
NaturalisPerusahaan mempekerjakan naturalis untuk menjelaskan subjek khusus terkait suatu tempat. Pelamar dengan kemampuan presentasi yang memukau dan ahli dalam suatu wilayah wajib mengontak perusahaan yang berlayar di wilayah tersebut. Naturalis juga dianggap staf kapal pesiar. Jadi, perilaku antusias dan supel sangat disukai. Dengan menunjukkan kepada perusahaan kapal pesiar, naturalis harus benar-benar mampu membuat penumpang menghargai dan menyukai perjalanan. Durasi kontrak dan gaji bisa dinegosiasi.
Koordinator KegiatanMengatur dan menyusun konten kegiatan untuk suatu kelompok atau grup. Syarat untuk mendaftar di posisi ini adalah pernah mendapat pendidikan setara D3 dan berpengalaman 2 hingga 4 tahun pada bidang yang sesuai.
Asisten Manajer ProduksiBertanggungjawab dalam memastikan kualitas produksi dan efektifitas produksi yang ada di kapal pesiar.
Instruktur FitnessTugas instruktur fitnes di kapal pesiar tidak terlalu berbeda dengan instruktur fitnes pada umumnya, yaitu bertanggungjawab dalam mendampingi olahraga kebugaran. Namun, karena tamu yang ada di kapal pesiar memiliki rentang umur dan daya tahan tubuh yang berbeda-beda, instruktur fitnes harus dapat memberikan pendampingan sesuai dengan kapasitas masing-masing tamu.
Penghibur TamuMenyediakan hiburan kepada tamu di kapal pesiar.

Uraian Tugas: Tata Usaha.

Asisten AdministratifMelaksanakan berbagai tugas administratif, penjadwalan pertemuan kerja, memberikan informasi kepada penelepon, membuat memo, membuat catatan transkrip, membuat presentasi, membuat laporan dan pekerjaan administratif lainnya. Untuk melamar di posisi ini, jenjang pendidikan minimal adalah D3 dengan pengalaman kerja 0 – 2 tahun di bidang keadministrasian.
Crew PurserMemberikan dukungan administratif untuk kapal dan awak dengan mengolah dokumen awak kapal dan membantu dalam semua hal yang terkait.
AkuntanMempersiapkan laporan-laporan keuangan, seperti neraca keseimbangan, laporan laba-rugi, dan lain sebagainya. Seorang akuntan di kapal pesiar juga bertanggungjawab dalam hal analisa tren, pengeloaran, pendapatan, perjanjian keuangan dan obligasi yang terjadi untuk memperkirakan pendapatan dan pengeluaran pada masa yang akan datang. Selain itu, akuntan di kapal pesiar juga bertugas untuk memberikan saran kepada manajemen berkaitan dengan biaya pemeliharaan, biaya pajak, dan biaya-biaya lainnya kepada pihak manajemen. Untuk mendaftar pada posisi ini, biasanya diperlukan pendidikan minimal D3 dengan pengalaman 0 – 2 tahun pada bidang yang sesuai dengan keuangan.

Uraian Tugas: Resepsionis

ResepsionisResepsionis menandai penumpang yang masuk dan keluar. Resepsionis menetapkan akun-akun pada akhir perjalanan kapal dan menangani keluhan penumpang.
Kepala KeuanganKepala keuangan adalah petugas senior dan bertanggung jawab atas penghitungan keuangan selama pelayaran. Kepala keuangan menghitung semua pendapatan dari penjualan toko hadiah hingga dari kasino. Selain itu, kepala keuangan mengawasi staf keuangan, daftar gaji kru, dan penukaran kembali serta pengembalian transaksi penumpang. Kepala keuangan bertanggung jawab atas visa dan paspor kru. Beberapa area lain, seperti brankas penumpang, penukaran mata uang, imigrasi, dan data pembayaran penumpang berada dalam pengawasan kepala keuangan.

Uraian Tugas: Kasino

Kasir KasinoPekerjaan ini meliputi menerima dan membayar uang serta menyimpan catatan transaksi mata uang di kasino kapal. Kasir kasino di kapal pesiarjuga bertugas dalam memberikan bantuan pelanggan melalui pertukaran berbagai jenis mata uang, koin, kredit dan koin kasino dan memberikan informasi kepada tamu.
Staf KasinoStaf kasino dianggap sebagai pekerjaan utama oleh kru. Biasanya, kasino ditutup ketika kapal bersandar di dermaga. Hal ini memberikan staf kasino banyak waktu luang. Kebanyakan perusahaan kapal pesiar mensyaratkan tiga tahun pengalaman di kasino terkenal dan minimal di dua permainan. Manajer kasino membutuhkan tiga sampai lima tahun pengalaman. Durasi kerja staf kasino bergantung kepada kapal, wilayah, dan penumpang. Misalnya, kasino yang melayani di sekitar Karibia sangat sibuk. Staf kasino harus bekerja dalam waktu yang lama. Di lain pihak, kasino di kapal pesiar yang berlayar di Eropa sering tutup dua jam lebih dahulu dengan alasan penumpang tua. Beberapa posisi staf kasino adalah pembagi kartu, pelayan kasino, kasir, manajer kasino, dan teknisi kasino.
Asisten Manajer KasinoBertanggungjawab dalam mengelola operasional harian kasino. Melaksanakan fungsional akuntansi dan mengelola karyawan kasino. Membuat laporan ke manajer kasino.
Manajer KasinoBertanggungjawab terhadap segala aktifitas yang berhubungan dengan kasino.

Uraian Tugas: Kecantikan

Penata RambutBertugas menata rambut tamu kapal pesiar. Harus memiliki lisensi dan pengalaman dibidang penataan rambut.
Asisten Manajer SalonMengawasi karyawan bagian salon dan mengontrol operasional harian salon. Bertanggungjawab langsung ke manajer salon.
Ahli KecantikanMemberikan perawatan wajah dan tubuh yang berkualitas, waxing serta manikur dan pedikur.
Terapis PijatMemberikan jasa pemijatan bagi tamu. Selain itu terapis pijat juga memberikan pelayanan spa.

Uraian Tugas: Penjual Barang

Asisten Penjual Toko HadiahOrang ini bertanggung jawab untuk menjual barang dagangan sambil memberikan penumpang pelayanan yang baik. Selain itu, asisten penjual mengisi persediaan barang dagang, mengarahkan penumpang untuk bertransaksi dan menata atau menata ulang tampilan barang dagang.
Asisten Manajer TokoMengawasi karyawan dan operasional dari toko souvenir yang ada di kapal pesiar.
Penjual BungaHarus dapat mengatur dan mengikat karangan bunga sesuai pesanan tamu. Memiliki kreatifitas yang tinggi dalam merangkai bunga.
Manajer Toko SouvenirMengawasi karyawan di toko souvenir. Untuk posisi ini diperlukan pengalaman kerja dalam bidang yang sesuai.

Uraian Tugas: Teknisi

Teknisi Suara dan CahayaOrang dengan posisi ini menyediakan bantuan teknis terkait efek suara suatu penampilan dan pencahayaan panggung. Teknisi suara dan cahaya juga memelihara dan memperbaiki peralatan.
Montir ListrikBertanggungjawab dalam masalah kelistrikan di kapal pesiar.
Teknisi Sistem Perangkat Keras KomputerPendidikan minimal D3 dibidang komputer serta memiliki pengalaman kerja dalam hal perangkat keras komputer.
Teknsi KompterLingkupan kerja teknisi komputer mulai dari pekerjaan teknisi komputer seperti biasanya hingga penerapan jaringan lokal antar komputer di kapal pesiar.
Manajer Sistem InformasiMinimal 10 tahun pengalaman di industri teknologi informasi, dengan penekanan pada sistem bisnis yang terintegrasi dan pengelolaan kegiatan taktis dalam organisasi manufaktur.
Staf Teknologi Informasi (TI)Sejalan dengan perkembangan teknologi, peran jabatan ini semakin penting dalam semua hal yang berjalan di kapal pesiar. Staf TU membantu Manajer Sistem Komputer dalam tugas-tugasnya dengan memastikan bahwa sistem komputer dan jaringannya berfungsi dengan baik. Penyelesaian masalah dan bantuan lain terkait penerapan sistem baru ditangani orang dengan posisi ini.
Manajer Sistem Komputer atau Teknologi Informasi (TI)Sejalan dengan perkembangan teknologi, posisi ini sangat penting demi keberlangsungan kapal pesiar. Kepala Sistem Komputer menjaga komputer dan jaringannya berjalan dengan baik. Penyelesaian masalah dan bantuan lain terkait penerapan sistem baru ditangani orang dengan posisi ini. Manajer sistem komputer juga mengawasi staf-staf TI.

Uraian Tugas: Medis

Doctor / DokterMemberikan pengobatan untuk tamu dan awak kapal pesiar. Harus memiliki lisensi dan pengalaman dengan berbagai jenis obat-obatan untuk kondisi darurat serta perawatan primer lainnya.

Uraian Tugas: Posisi-posisi Dek dan Teknis

Pelaut Serba-bisaAble Seaman adalah
Asisten Kepala InsinyurJabatan ini sama dengan kaki tangan kepala insinyur. Asisten Kepala Insinyur harus mengerti tugas-tugas Kepala Insinyur dan harus membantunya dalam melaksanakan tugas-tugas tersebut ketika diperlukan. Asisten Kepala Insinyur bertanggung jawab atas produktivitas kerja dalam ruang mesin dan dalam departemen hotel.
Able Seaman Entry Level / Jurumudi Tingkat PemulaJurumudi memiliki tugas untuk menjaga anjungan, menangani kemudi kapal, melaksanakan siaga, menyiapkan bendera-bendera, alat-alat pemadam kebakaran di dek serta perlengkapan lain. Selain itu jurumudi juga memiliki tanggungjawab dalam menjaga kebersihan anjungan dan bagian kapal lainnya serta menghidupkan dan mematikan penerangan di Dek dan Navigasi.
Mandor KapalMandor Kapal membantu Petugas Keamanan dengan tugas-tugas yang ditentukan.
NahkodaNahkoda adalah petugas yang berjabatan tertinggi di kapal dengan banyak suka, seperti usaha yang benar-benar dibayar tinggi. Meskipun demikian, jabatan ini, tentunya, diikuti oleh banyak tanggung jawab, seperti perhatian kepada semua kru dan semua penumpang selama pelayaran. Dalam keadaan darurat, nahkoda membuat semua keputusan eksekutif. Selain itu, nahkoda bertanggung jawab atas navigasi dan keberlangsungan kapal. Nahkoda juga mengatur kebijakan perusahaan dan kebijakan lingkungan, seperti efek polusi, serta hukum-hukum kelautan baik nasional maupun internasional.
Tukang KayuPeran tukang kayu telah berubah seiring dengan perkembangan kapal pesiar. Namun, tukang kayu tetap merupakan jabatan penting. Mereka bertanggung jawab atas perbaikan dan penampilan semua pembuatan benda-benda kayu selama pelayaran. Hal ini termasuk pemeliharaan dek dan kolam.
Kepala KelistrikanKepala kelistrikan adalah orang pertama yang dituju ketika semua hal yang berhubungan dengan kelistrikan harus selesai. Orang yang berjabatan ini bertanggung jawab atas semua aspek sistem listrik di kapal.
Kepala InsinyurKepala Insinyur adalah penanggung jawab logistik dan pemeliharaan pelaksanaan teknis selama pelayaran. Dia juga bertanggung jawab atas semua pengaturan mesin baik mesin utama maupun mesin biasa. Wilayah-wilayah lain yang berada dalam tanggung jawab kepala insinyur adalah generator, sistem listrik, pendingin ruangan, pemanas ruangan, pipa air, dan sistem pendinginan dan keluar-masuk udara.
Kepala PetugasKepala Petugas membantu staf nahkoda terkait tugas-tugas dan peraturan. Dia berperan sebagai penanggung jawab pemeliharaan dan kebersihan eksternal kapal. Selain itu, kepala petugas memerintah para pelaut lain sesuai panduan umum kelautan terkait keamanan, hukum, dan prosedur kelingkungan. Kepala petugas bekerja sama dengan Manajer Hotel untuk memahami hal-hal terkait pemeliharaan.
Kepala Petugas RadioKepala Petugas Radio mengawasi komunikasi di kapal terkait cuaca, jalur pelayaran, dan hal lain. Selain itu, kepala petugas radio menghubungkan kontak dengan pemimpin perusahaan lewat surat elektronik, faksimili, dan panggilan telepon. Dia juga menjaga buku catatan harian komunikasi kapal dan kelancaran komunikasi. Sebagai tambahan, kepala petugas radio bertanggung jawab atas pemeliharaan peralatan komunikasi darurat selama pelayaran dan pemeliharaan perahu keselamatan.
Asisten Utama InsinyurAsisten utama insinyur mengawasi semua pekerjaan di dalam ruang mesin. Dia melatih para kru baru untuk bekerja di ruang mesin. Orang yang berjabatan ini juga mengawasi semua aktivitas
Petugas UtamaPetugas Utama memelihara semua peralatan navigasi, termasuk pencahayaan, penyimpanan alat-alat penyelamatan. Dia juga bertanggung jawab atas pemeliharaan perahu keselamatan darurat, perahu penyelamat, dan perahu-perahu pengangkut.
IntendanIntendan mengatur staf dek yang sedang melaksanakan tugas-tugas sehari-hari, seperti memerhatikan tali-tali penarik, pemeliharaan, dan perahu-perahu pengangkut.
Juru MesinJuru Mesin bertanggung jawab atas kebersihan penjagaan semua mesin selama pelayaran.
Juru MinyakJuru Minyak mengawasi alat pengukur suhu dan alat pengukur lain. Selain itu, juru minyak juga membantu pemeliharaan umum kapal, termasuk pengecatan dan perbaikan. Juru minyak juga membatu insinyur saat dibutuhkan.
Juru PipaJuru pipa menyediakan perbaikan dan pemeliharaan pipa selama pelayaran.
Petugas KeselamatanPetugas kesehatan menjelaskan dan mengawasi pelatihan keselamatan. Pelatihan keselamatan termasuk akibat jika melanggar prosedur kapal, pelatihan kebakaran, dan pemeliharaan perahu-perahu pengangkut. Selain itu, petugas keselamatan bertanggung jawab untuk memerintah kru dalam hal keamanan dan ketika pelatihan.
Petugas KeamananPetugas keamanan bertanggung jawab atas hal-hal terkait keamanan selama penaikan ke kapal dan penurunan dari kapal. Petugas keamanan juga bertanggung jawab untuk membuat keputusan jika terdapat koper, penumpang, kru, dan hal lain yang mencurigakan.
Staf NahkodaOrang ini adalah pelaksana tugas nahkoda yang bertanggung jawab atas keamanan dan perintah di departemen medis dan dek. Setelah nahkoda, staf nahkoda adalah orang kedua dalam tingkatan pembuat keputusan. Staf nahkoda membantu nahkoda dengan semua tugasnya, termasuk kesejahteraan kru dan penumpang selama pelayaran.

Uraian Tugas: Penjelasan Pekerjaan di Kapal Pesiar Pribadi

Kelasi MudaKelasi muda adalah posisi awal yang hampir tidak mengharuskan pengalaman di kapal pesiar pribadi. Namun, pengalaman kapal atau keahlian dalam olahraga air sangat berharga. Ketika kelasi muda kurang berpengalaman, kelasi muda bersikap seolah-olah mengetahui dan tetap berpartisipasi sebagai anggota tim. Untuk posisi ini, sangat penting bekerja dengan petugas kelasi senior, cepat belajar, dan mampu mengikuti arahan yang detil.
KelasiKelasi adalah posisi awal di kapal pesiar pribadi yang berukuran sedang hingga besar dengan tugas utama meliputi pembersihan dan pemeliharaan bagian luar kapal. Kelasi yang sukses pernah berpengalaman beberapa kali di industri kapal pesiar pribadi dan menunjukkan sikap mau belajar dan bekerja keras. Penting bagi kelasi untuk melakukan tugas-tugas yang disuruh dengan sikap positif selain berkomunikasi dengan pemilik dan penumpang dalam sikap profesional.
Mandor Kapal atau Kepala KelasiMandor kapal di kapal pesiar pribadi harus memiliki pemahaman dalam pemeliharaan dan perbaikan bagian luar, memiliki etos kerja yang kuat, memiliki sikap yang baik, dan memberikan kru kelasi muda contoh baik. Pengetahuan produk pemeliharaan dan perbaikan kapal sangat penting dan mandor kapal mungkin memiliki minimal satu kemampuan khusus, seperti mengikat tali atau melapisi dengan cat (kemampuan di atas level kelasi). Pelamar yang sukses harus berpengalaman olahraga air dan mengemudi kapal pengangkut. Biasanya, dibutuhkan dua sampai tiga tahun pengalaman sebagai kelasi dengan lisensi tertentu untuk kapal dan program khusus.
Perwira Kapal Pendamping NahkodaOrang ini selama pelayaran kapal pesiar pribadi adalah pemimpin tim yang memiliki etos kerja kuat, pengalaman lama di departemen kelasi, termasuk pemeliharaan dan perbaikan, serta sikap positif dan serba-bisa. Orang dengan posisi ini harus mengerti tugas-tugas administrasi, termasuk barang inventaris dan pemesanan stok peralatan kelasi. Jadi, kemampuan komputer dan pengetahuan keuangan sangat berguna. Untuk berlayar di kapal pesiar pribadi, pelamar harus memiliki minimal tiga tahun pengalaman sebagai kelasi atau mandor kapal dan berlisensi tertentu untuk kapal khusus.
Insinyur Junior (tanpa lisensi)Insinyur junior tanpa lisensi adalah posisi awal yang hampir tidak memerlukan pengalaman di kapal pesiar pribadi. Namun, pengalaman terkait, seperti pengalaman di bagian dek atau pengalaman sederhana untuk memperbaiki sesuatu sangat berguna. Ketika insinyur junior kurang berpengalaman, insinyur junior ini harus bersikap seolah-olah serba-bisa dan bersedia membantu ketika dibutuhkan. Penting bagi orang ini untuk bekerja secara dekat dengan kepala insinyur atau nahkoda, cepat belajar, dan mampu mengikuti arahan detil. Biasanya, orang ini disuruh untuk membantu bagian dek/kelasi secara reguler.
Insinyur Ahli OOC (AEC)Insinyur dengan lisensi kursus teknik kapal pesiar yang sah, biasanya, tetap baru mengetahui bagian teknik kapal pesiar pribadi walaupun memiliki pengalaman teknik atau kelasi/dek. Kunci sukses posisi ini adalah sikap baik dan kemauan kuat untuk belajar. Orang dengan posisi ini akan membersihkan dan memelihara ruang mesin. Kemampuan untuk memperbaiki mesin, generator, dan peralatan listrik adalah penanada bahwa seseorang tepat untuk mengisi posisi ini, selain kesediaan untuk membantu di departemen dek.
Pelayan JuniorPelayan junior selama pelayaran harus belajar dan menyelesaikan setiap pekerjaan dengan senyuman. Pelayan junior harus mampu bekerja langsung dengan atasan-atasannya dan menerima arahan. Pelamar yang sukses harus bersikap sopan dan bersahabat dan kemampuan untuk berinteraksi secara profesional dengan penumpang. Jika seorang pelamar kurang berpengalaman, tetapi memiliki pengalaman perhotelan atau pelayanan, dia tetap akan dihitung.
Pelayan SoloPelayan solo sangat personal, fleksibel, dan unggul dalam beberapa aspek pengoperasian kapal, termasuk pelayanan, pemeliharaan bagian dalam, binatu, dan pengawasan. Tidak ada pekerjaan yang terlalu berat atau terlalu ringan dan orang ini harus mampu membantu nahkoda dan kru lain, selain bekerja secara mandiri untuk mengatur diri dalam tugas di dalam kapal. Kemampuan administrasi dan keuangan juga berguna.
Pelayan BinatuPelayan binatu di kapal pesiar pribadi yang mewah bertanggung jawab untuk mengatur penggunaan fasilitas binatu dan untuk menyelesaikan pencucian. Pelayan binatu bertugas untuk mencuci, menyetrika, meremas, dan melipat pakaian. Pelayan binatu juga harus ahli dalam pembersihan noda pakaian dan bahan-bahan lain, seperti linen, karpet dalam waktu singkat dan efisien. Sekarang ini, orang ini bekerja dalam waktu lama dengan fasilitas binatu di kapal pesiar.
Juru MasakJabatan juru masak sangat tepat untuk seseorang yang mencintai bagian dapur dan memiliki sikap serba-bisa. Pelamar yang sukses harus mampu bekerja banyak dalam satu waktu secara efektif, mampu bekerja secara mandiri, mampu bekerja lama,dan mampu menyajikan makanan yang memukau dari dapur yang biasanya sempit. Juru masak harus bersedia membantu departemen lain ketika dibutuhkan karena posisi ini biasanya ada di kapal yang lebih kecil di mana kerja antar departemen sangat dibutuhkan untuk kesuksesan kapal pesiar pribadi. Orang dengan posisi ini harus mampu memasak dengan baik, tetapi tidak harus berpengalaman banyak untuk posisi pemula. Bahkan, pelamar mungkin hampir tidak berpengalaman di kapal pesiar pribadi.
Koki BawahanKoki bawahan kapal pesiar pribadi adalah profesional kuliner yang terlatih. Koki bawahan harus bersedia membantu kepala koki dalam semua tugas, melaksanakan arahan dengan baik, dan juga mampu menciptakan menu yang enak sesuai standar keamanan dan kebersihan dapur. Ketika dibutuhkan, koko bawahan mungkin diminta untuk menyajikan secara mandiri makanan untuk kru atau penumpang dalam arahan kepala koki. Pelamar yang sukses untuk posisi ini harus memiliki minimal dua tahun pengalaman di dapur kapal pesiar pribadi atau di lingkungan restoran mewah.
KokiKoki dalam pelayaran kapal pesiar pribadi adalah ahli dan profesional kuliner yang terlatih dan yang bertanggung jawab atas semua makanan kru serta penumpang. Orang ini juga harus menetapkan manajemen dapur. Efektivitas keberlangsungan dapur meliputi banyak kemampuan, tidak hanya mengenai penyiapan bahan makanan, penetapan aturan memasak, dan keamanan-kebersihan, tetapi juga mengenai administrasi dan barang-barang inventaris dapur. Orang dengan posisi ini harus memiliki kemampuan komunikasi, pengetahuan luas dalam gizi atau makanan, dan kreativitas dalam menata makanan di piring. Biasanya, pelamar yang sukses memiliki minimal dua tahun pengalaman bekerja di kapal pesiar pribadi atau sejenisnya, selain pengalaman memasak di darat.

Lanjut browsing disini ….